Patriot Olahraga

| Senin, 23 Maret 2015

Juara bukanlah bawaan, melainkan sebuah proses panjang yang berisi pengorbanan dan kedisiplinan. Itulah salah satu yang bisa dipetik dari perjalanan seorang juara. Untuk menjadi juara seorang atlit harus mengorbankan banyak hal mulai dari tenaga, uang dan pikiran. Pengorbanan ini dianggap sebagai sebuah proses yang memang harus dilalui agar seseorang bisa menjadi juara dunia. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika seseorang ingin menjadi atlet.
pertama, seseorang harus mempunyai mimpi untuk meraih yang terbaik. Atlet yang baik sejak muda sudah menetapkan mimpinya untuk menjadi seorang juara dunia yang bisa membanggakan dirinya dan juga negaranya di kancah internasional. Impian menjadi juara ini tidak hanya sebatas imajinasi, tapi kemudian mampu mempengaruhi perilaku sehari-harinya. Atlet harus rela untuk berlatih dengan keras demi mengejar mimpi yang dia miliki tersebut. Hal ini dilakukan demi meraih mimpi yang diinginkan agar menjadi kenyataan.
Kedua, seorang calon juara dunia harus mampu mencintai olahraga yang dia geluti. Olahraga adalah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan dan kerja keras. Hanya orang-orang yang mencintai pekerjaannya yang akan mampu mendapatkan hasil yang terbaik. Rasa Kecintaan ditambah dengan keinginan untuk mewujudkan mimpi yang membuat  menjadi sangat tekun berlatih.
Ketiga adalah menjadi seorang yang disiplin. Disiplin sangat diperlukan untuk mencapai apapun yang diinginkan, terlebih lagi dalam kasus seorang atlet. Kedisiplinan akan menentukan rajin atau tidak dalam berlatih. kedisiplinan memang ditanamkan sejak masih kanak-kanak, namun bukan berarti orang yang sudah remaja tidak mampu berdisiplin. Disini tips bahwa orang akan menjadi disiplin jika didorong oleh cita-cita dan keinginan yang kuat atas sesuatu. Kedisiplinannya lebih banyak dipengaruhi oleh cita-citanya untuk menjadi seorang juara dunia. Kedisiplinan juga diterapkan tidak hanya pada saat menjelang pertandingan, tapi juga pada kehidupan sehari-hari.
Kerja keras adalah menjadi syarat berikut yang harus dijalani oleh seorang yang bercita-cita menjadi juara. Tanpa kerja keras, mimpi hanya akan tinggal menjadi imajinasi. Kerja keras terwujud dalam proses berlatih.
Mental Toughness
Kekuatan mental juga menjadi bagian penting dalam proses menjadi juara dunia. Namun kekuatan mental ini diperoleh seiring dengan jam terbang. semakin banyak seseorang bertanding, maka akan semakin matang seseorang dalam menghadapi tekanan pertandingan. Atlet atlet dunia mencontohkan bahwa di awal-awal karirnya, biasanya masih sering gugup ketika akan menjalani pertandingan, namun setelah sekian lama, seorang atlet menjadi mampu mengontrol rasa gugupnya tersebut.
Fokus dan konsentrasi juga menjadi aspek penting untuk memenangkan pertandingan. Setiap orang tidak mungkin lepas dari masalah,  Banyak atlet yang tidak mampu membedakan masalah dari luar pertandingan dan masalah dalam pertandingan sehingga sering permainan menjadi terganggu karena masalah dari luar tadi mempengaruhi penampilannya di lapangan. Masalah keluarga, teman, pacar adalah beberapa contoh masalah yang berasal dari luar pertandingan.
Menjaga motivasi adalah hal penting lainnya. Motivasi yang ingin selalu menjadi juara  menjadi salah satu pendorong yang sangat kuat. Selain itu, para atlet muda untuk tetap menjaga level motivasi agar tetap tinggi. “Mungkin kehadiran orang-orang yang dicintai bisa menjadi salah satu motivator untuk tampil yang terbaik.”
Menjaga motivasi ini juga ternyata mampu mengatasi rasa takut. Motivasi untuk menunjukkan yang terbaik akan membuat seseorang tidak hanyut dalam rasa takut yang akhirnya memunculkan perasaan kalah sebelum bertanding. Selain itu jangan terlalu berpikiran tentang rasa kecewa. Rasa kecewa hanya akan mengganggu pikiran kita. “Saya memilih untuk berlatih lebih keras agar tampil lebih maksimal daripada menyesali keputusan yang sudah tidak bisa diganggu-gugat,” Kata seorang atlet tinju dunia .
Atlet muda tentang makna uang dan prestasi. ketika awal menjalani karir seorang atlet, dia harus sama sekali tidak berpikiran soal uang yang didapat, tapi selalu berpikiran untuk mencapai prestasi tertinggi. prestasi akan membawa seseorang mendapat penghargaan yang tinggi, termasuk dalam hal uang. Jika belum-belum yang dipikirkan adalah uang, maka ketika uang itu belum muncul maka seseorang tidak akan bisa bekerja keras.

Terakhir adalah kekuatan sebuah doa. Doa merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah kesuksesan seseorang, terutama doa seorang ibu kita sendiri. ibu merupakan sosok orang yang telah mendidik kita dari kecil hingga besar. dalam doa seorang ibu pasti terucap doa untuk anaknya agar bisa menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan kedua orang tuanya. Jika kita ingin kemenangan dan keberhasilan dalam sebuah pertandingan mintalah doa kedua orang tua kita terlebih dahulu , terutama ibu. Doa seorang ibu merupakan jembatan keberhasilan kita untuk meraih kesuksesan. Dan janganlah engkau durhaka pada ibumu ,karna itu merupakan penghambat kita untuk meraih kesuksesan.
Banyak atlet berprestasi membuktikan bahwa dengan ketangguhan mental dan kesungguhan serta keinginan untuk selalu belajar bisa mencapai prestasi yang tertinggi. Sekali lagi, menjadi juara bukanlah faktor kebetulan dan bukan juga faktor bawaan, tapi merupakan sebuah proses panjang yang menyakitkan. Bagi atlet yang mampu menekan rasa sakit dan tetap teguh dengan cita-citanya maka dia akan mendapatkan hasil yang terbaik. Untuk para atlet muda, kira penting untuk kembali memikirkan apa yang mereka sudah lakukan. Jika memang ingin mendapatkan prestasi tertinggi, maka saran-saran yang ditulis diatas itu patut untuk dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Next
▲Top▲